Selasa, 13 Maret 2012

Ada apa dengan printer ku…?!?!?!?!?!?

computer_networkKembali lagi aku merasa ingin kembali menggunakan lebih banyak menggunakan linux terutama ubuntu daripada windows, walau pun begitu aku tak bisa menghapus penggunaan OS (Operating System) windows seutuhnya karena ada kelebihan dan kekurangan diantara keduanya serta kebiasaan yang ada.

Sebenarnya aku tidak terlalu bisa hanya coba-coba saja sehingga aku mengingat tentang dahulu kala kala aku masih duduk di bangku kuliah ada yang namanya coba-coba atau biasa disebut try and error, karena penasaran maka aku menyiapkan diri untuk akan yang terjadi nantinya.Yang pastinya buat aku semakin bingung maklum saja aku kurang ilmunya (teori).

Selama ini aku hanya buat jaringan untuk berbagi internet dan data saja, lalu muncul keinginan untuk berbagi penggunaan printer canon iP 1980 dan epson RX510 dengan PC Windows XP dan Ubuntu 11.04 yang selama ini aku harus lepas sambung kabel printer dari 1 PC ke PC yang satunya lagi.

windows XPMenurut ku Windows XP lebih baik dan layak untuk digunakan sampai sekarang daripada Windows yang lebih tinggi misal Windows 7 hal ini hanya disebabkan oleh dukungan hardware dan softwarenya saja. Namun bukan berarti aku antipati pada Windows 7, karena di netbook aku menggunakan Windows 7 juga kok.

Inilah PC yang kubenamkan sistem Windows XP dengan spek P4 3.00 Ghz, HDD 120GB dengan RAM 3GB. Dengan PC inilah aku lebih sering berduaan berselanyar dunia maya dan edit-editan serta pekerjaan umum lainnya.

Di PC ini juga aku menulis postingan ini, karena aku menggunakan program blog offline. Sebuah program untuk menulis blog yang tidak perlu koneksi internet dahulu, bila sudah mantap dan pasti tulisannya baru disambung ke internet dan di upload ke blog yang diniginkan.

Di PC ini juga aku sambung kabel usb printer canon iP  1980 dan epson RX510 yang kupunya dan peripheral komputer lainnya misal card reader internal dan web cam serta DVD Writer internal.

 

Ubuntu 11.04

Sedangkan pada PC satunya lagi kubenamkan sistem Linux Ubuntu 11.04 dengan spek P4 2.40 Ghz HDD 40 GB dengan RAM 1GB.

Yang paling kusuka dari Linux adalah saat menginstalnya semua program yang sering digunakan sudah ada, terutama dari distro Ubuntu lebih mudah penggunaannya daripada distro lainnya.

Linux bersifat free artinya bebas bukannya gratis dan kita bebas untuk modif sendiri OS nya lalu bisa memberi nama OS nya sesuai keinginan kita bila kita sudah mengutak-atiknya sesuai ketentuan yang berlalu di setiap distronya. Biasanya disebut remix kalo gak salah (maaf-maaf aja kalo salah ya maklum newbie)

"Ubuntu" berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti "rasa perikemanusian terhadap sesama manusia". Ubuntu juga bisa berarti "aku adalah aku karena keberadaan kita semua". Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak

 

Singkat cerita aku melakukan sharing printer antar kedua OS tersebut yang membutuhkan waktu, tenaga dan pikiran sekitar 4 hari (cukup lama ya…hehehehehe). Lamanya waktu itu disebabkan oleh iP 1980 yang tidak bisa ku sharing sedangkan RX510 tidak memerlukan waktu lama cuma 15 menit saja termasuk mendowload driver RX510, yang membuat lama adalah iP 1980.

Sudah capek-capek liat-liat tutorial hingga beberapa hari …eh ternyata tetap saja tidak bisa yang akhirnya hari ke empat aku menyerah untuk sharing iP 1980. Sudah biarlah saja PC Ubuntu itu hanya menggunakan RX510 saja pikir ku

sharing printerMmmmmmmm…. ternyata di PC XP ku ada trojan dan virusnya setelah kulakukan scanning dan yang kubaca dari mailist yang ku ikuti ternyata ada juga pengalaman yang menyatakan ia sulit sekali menginstall sebuah printer dalam jaringan antara Windows dan Linux karena Windowsnya terinfeksi virus. Yang akhirnya ia harus menginstall ulang Windowsnya tersebut lalu kembali sharing printer dan akhirnya berhasil, sebenarnya ku ingin menginstall ulang saja PC Windows ini namun agak merepotkan karena aku harus membackup semua data, format harddisk dan install kembali program-program yang ada.

Ya sudah kulakukan cara lain saja bila aku benar-benar ingin mencetak yang ada di Ubuntu pada iP 1980 dengan cara mengirim data itu ke Windows XP dahulu, lalu lewat PC tersebut aku mencetaknya di iP 1980.

Suatu saat kalo semangat ku kembali untuk memperbaiki tepatnya membabat habis Windows alias format dan install ulang, baru akan ku sharing iP1980 antara PC Windows XP dan Ubuntu 11.04 nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar