Senin, 16 Mei 2011

Salah membuat perhitungan

Di malam sabtu sekitar pukul 20.00 wib (jumat jam 8 malam), kumelihat kearah layar monitor tampak sebuah software pengukur suhu udara di dalam casing PC ku. Tertera suhu prosesor menunjukkan 56' celcius dengan intel Pentium 4 namun setelah memasang kartu USB 4 port satu buah dan satu buah firewire serta menambah menjadi 3 buah harddisk plus vga add-on meningkat menjadi 70' celcius, peningkatan suhu yang sangat nyata berpengaruh terhadap komponen lainnya. 
Akhirnya terpikir untuk menambah kipas/fan tambahan di seputar casing yang awalnya satu buah menjadi 3 buah, namun tak disangka baru dihidupkan 30 menit/setengah jam tiba-tiba restart sendiri dan 10 menit
kemudian tidak hidup/mati. Walaupun telah menambah thermal paste di prosesor dan VGA add-on, yang ku duga terlalu panasnya VGA dan Prosesor yang ada.

Setelah mengurangi beberapa komponen di dalam PC kembali hidup lancar sebagaimana mestinya, dapat dipastikan PSU harus diganti dengan yang lebih baik dan bagus bukan bawaan saat membeli casing standard. Ternyata perhitungan atas kemampuan PSU memberikan kekuatan tenaga lebih rendah dari kebutuhan perangkat yang ada sangat jauh mendukung.
Dan sepertinya aku harus membeli PSU dengan kapasitas 500W pure dengan resiko harga yang tinggi, namun  aman dan nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar